RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Materi pokok : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
Sub materi pokok : Bentuk Setara Persamaan Linear Satu Variabel
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit
Tahun Ajaran : 2013/2014
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan
pada matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan meatematika, yang
terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3
Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel
4.3.1
Membuat persamaan-persamaan yang ekuivalen dari suatu
persamaan.
4.3.2
Menyebutkan sifat-sifat kesetaraan persamaan linear satu
variabel.
4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah
nyata yang berkaitan
dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi diharapkan siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Membuat persamaan- persamaan
yang ekuivalen dari suatu persamaan.
2.
Menyebutkan
sifat-sifat kesetaraan persamaan linear satu variabel.
D. Materi Ajar
Bentuk Setara Persamaan Linear Satu Variabel
E. Metode/model/pendekatan pembelajaran
Pendekatan : Saintifik (scientific).
Model : Think – Pair –
Share (TPS)
Metode : inkuiri, pemberian tugas, diskusi kelompok dan pemecahan masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar