RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajara :
Matematika
Materi
pokok : Persamaan dan
pertidaksamaan linear
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Tahun
Ajaran : 2013/2014
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 Memiliki rasa ingin
tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan
linear satu variable
Indikator :
3.3.1 Memberikan contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan
linear satu variabel
3.3.2 Menemukan konsep pertidaksamaan linear satu
variabel dari permasalahan sehari-hari
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu menunjukkan rasa ingin tahu dalam melakukan
diskusi dan bertanggungjawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1. Memberikan contoh permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan
linear satu variable
2.
Menemukan konsep pertidaksamaan linear satu
variabel dari permasalahan sehari-hari
D.
Materi
Ajar
Menentukan konsep pertidaksamaan linear satu variabel (Lampiran 1 )
E.
Metode/model/pendekatan
pembelajaran
Pendekatan
: Saintifik (scientific).
Model : Cooperative tipe STAD
Metode : inkuiri, pemberian tugas, dan pemecahan masalah
ga lengkap
BalasHapus