RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
IX/2
Topik : Barisan Aritmatika dan Geometri
Alokasi Waktu : 2 × 40
menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukan
sikap logis, kritis, analitik, dan kreatif, konsisten dan teliti,
bertanggungjawab, responsive, dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan
masalah sehari-hari yang merupakan pencerminan sikap positif dalam
bermatematika
3.10 Menerapkan
pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
4.4 Mengenal
pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggnakan untuk
menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru
Indikator :
4.4.1 Mengidentifikasi
suatu masalah yang berkaitan dengan
konsep barisan aritmatika dan geometri (C2)
4.4.2 Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan geometri (C3)
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi
diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat
1.
Mengidentifikasi
suatu masalah yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan geometri (C2)
2. Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan geometri (C3)
D.
Materi Ajar
Barisan Aritmatika dan Geometri (Lampiran 1)
E.
Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (Scientific)
Model
Pembelajaran : Problem-Based Learning
(PBL)
Metode Pembelajaran : Expositori dan Pemecahan Masalah
isi rpp nya mana?
BalasHapus