Jumat, 22 Agustus 2014

RPP Barisan dan Deret Kurikulum 2013

Berikut contoh RPP Barisan dan Deret Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan  : SMP
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester       : IX/2
Topik                       : Barisan Aritmatika dan Geometri
Alokasi Waktu         : 2 × 40 menit

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar
1.1  Menghargai  dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukan sikap logis, kritis, analitik, dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggungjawab, responsive, dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggnakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru
Indikator :
4.4.1   Mengidentifikasi suatu   masalah yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan geometri (C2)
4.4.2    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan geometri (C3) 
C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.      Mengidentifikasi suatu masalah yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan geometri (C2)
2.   Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep barisan aritmatika dan    geometri (C3)
D.    Materi Ajar
Barisan Aritmatika dan Geometri (Lampiran 1)
E.     Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan  Pembelajaran  :  Pendekatan Saintifik (Scientific)
Model Pembelajaran           :  Problem-Based Learning (PBL)
       Metode Pembelajaran         : Expositori dan Pemecahan Masalah 

1 komentar:

RPP Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kurikulum 2013

Berikut contoh RPP  Persamaan dan pertidaksamaan linear satu   variabel kurikulum 2013 dengan sub pokok bahasan  Pertidaksamaan linear satu...